Rabu, 28 Maret 2012

PERATURAN SEPAKBOLA


Sejak FIFA resmi dibentuk, peraturan sepakbola pun makin disempurnakan. Dimulai dari waktu pelaksanaannya, sepakbola dimainkan selama 90 menit yang dibagi menjadi 45 menit pertama dan 45 menit kedua. Jeda antara babak pertama dan babak kedua tersebut digunakan untuk instirahat bagi pemain yang kadang disebut juga dengan babak turun minum. Meskipun dilaksanakan selama 90 menit, namun wasit berhak memberikan waktu tambahan (injury time) untuk mengganti waktu yang terbuang akibat insiden lapangan, pergantian pemain dan sebagainya. Pada pertandingan ini ketika selama 90 menit tersebut kedudukan masih seimbang, maka diberikan babak tambahan sebanyak 1×15 menit. Hanya saja ketika babak tambahan diberikan dan ternyata belum juga ada pemenengnya sampai babak tambahan berakhir, maka dalam peraturan sepakbola, adu pinalti pun tak lagi bisa dihindarkan.
Peraturan Sepakbola Desain dan Ukuran Lapangan
Adapun peraturan sepakbola selanjutnya adalah untuk ukuran lapangan. Pada sepakbola dewasa, ukuran lapangan yang standar yakni panjang 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Seperti kita tahu jika di ujung lapangan terdapat gawang, adapun ukuran panjangnya 7.32 dengan tinggi 2.44 meter. Di depan gawang ada kotak atau area pinalti, tempat ini disebut juga titik putih. Di mana pelanggaran yang dilakukan di titik ini bisa mengakibatkan tendangan pinalti. Kotak pinalti ini juga merupakan area bagi kipper di mana dirinya diperbolehkan menangkap bola dengan tangannya.Peraturan sepakbola ini haruslah diperhatikan baik-baik terutama oleh pemian dan manajernya.
Peraturan sepakbola yang dibuat tersebut tak lain adalah demi kemanan dan kenyamanan bersama. Misalnya untuk sebuah pelanggaran, wasit memiliki cara untuk menilai apakah pelanggara tersebut pantas diganjar dengan kartu kuning atau tidak, atau malah mungkin dengan kartu merah? Meskipun sudah ada sanksi seperti ini kadang kala disengaja atau tidak, beberapa pemain bertingkah kasar di lapangan. Namun hal tersebut tetaplah bagian dari sepakbola, karena dalam pertandingan memang ada yang namanya emosi. Ada yang bisa mengontrol namun ada juga yang akhirnya lepas kendali. Panasnya lapangan kadang meningkatkan emosi, belum lagi ketika ada masalah-masalah lain semacam masalah pribadi. Itulah mengapa peraturan sepakbola dibuat, setidaknya untuk tetap menjaga ketertiban dalam pertandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar